Rahasia Juara Pakan Lolohan Anakan Kenari Agar Cepat Besar | Master Burung Petarung

-Rahasia Juara Pakan Lolohan Anakan Kenari Agar Cepat Besar | Master Burung Petarung Hobi burung berkicau memang menyenangkan, apalagi burung kesangan kita sudah mualin menampakkan suaranya tentutunya ini akan menajdi nilai kepusan tersebdiri buat kita. Dan memang pecinta burung itu tidaklah mudah disamping membutuhkan keuletan dan ketekunan . Kita juga harus dituntut sabar dalam menghadapi tiap fase burung itu sendiri. Fase burung diantaranya

  1. Fase Proses Mabung Pertama
  2. Fase Proses Birahi
  3. Fase Prose Penyakit
  4. Fase Turunya Mental Atau Stress
Dari ke-4 fase tersebut kita harus dituntut tlaten dan peka terhadap burung kita. Dan tidak hanya itu juga kita dituntut juga mengetahui jenis kelamin burung , dan ciri paruh burung yang dapat kita kembangkan atau kita latih.

Serta kita harus tahu juga model burung mana yang dapat dengan mudah kita berikan isan ,dan pemasteran. Sebab tiap burung itu berbeda -beda tergantu sifat dan keadaan lingkungan.

Dan tidak jarang orang yang memlihara burung banyak namun tidak juga nenampakkan suaranya. Atau istilah dalam peng hobi burung itu buka paroh. Nah itu pasti ada yang salah dalam Proses atau cara perawatanya. Yang jelas kita harus tahu mana burung yang model coloni dan mana burung yang model petarung. Sifat dan perlakuannya akan berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga:


Pakan anakan kenari - Dalam beternak kenari, terkadang kita hanya fokus pada indukan kenarinya saja, padahal perhatian seharusnya tidak selalu diberikan kepada indukan kenari saja, terlebih jika indukan tersebut telah bertelur dan menetas menjadi piyik atau anakan kenari. Mau tidak mau, perhatian harus terbagi menjadi dua, yaitu untuk indukan dan untuk piyik atau lolohan kenari tersebut. Kita juga tidak boleh berfikiran monoton, yaitu anakan kenari pasti akan diloloh oleh induknya, harus ada terobosan baru bagaimana agar anakan kenari tersebut bisa cepat besar dan tumbuh bulu, dimana hal tersebut sangat dipengaruhi oleh pakan kenari tersebut.

Ada dua cara dimana agar anakan kenari bisa cepat tumbuh besar alias bongsor, tips tersebut sudah terbukti mampu mempercepat pertumbuhan anakan kenari. Tapi meskipun demikian, anda jangan berfikir bahwa dengan menerapkan tips tersebut kemudian anda bisa membuat anakan kenari lokal menjadi bongsor seperti anakan kenari yorkshire. Sebab indukan kenari lokal hanya akan menghasilkan anakan kenari lokal pula yang postur tubuhnya menyerupai indukannya, kalaupun lebih besar tentu ukurannya tidak terlalu ekstreem/ tampak jelas.

pakan anakan kenariBACA JUGA: Cara ternak kenari untuk pemula

Cara agar anakan kenari cepat besar

Agar anakan kenari yang dihasilkan bisa cepat tumbuh besar, tips yang pertama adalah dengan cara beternak kenari sepasang. Artinya adalah dengan beternak kenari sistem 1 jantan 1 betina (soliter). Dengan menerapkan sistem ini maka kedua indukan kenari jantan dan betina akan meyuapi/ meloloh anakan kenari secara bersamaan, dengan demikian maka piyik kenari akan cepat tumbuh besar. Kelemahan dari ternak kenari sistem soliter ini membutuhkan biaya yang lebih besar, karena dalam setiap indukan kenari betina membutuhkan satu indukan kenari jantan pula.

Cara yang kedua adalah dengan membantu menyuapi anakan kenari, dimana ketika anakan kenari sudah berusia sekitar 10 bulan, anda bisa mengambil anakan tersebut dari induknya, lalu menyuapinya atau meloloh sendiri dengan menggunakan spet. Dalam meloloh anakan kenari, anda harus benar-benar memperhatikan kualitas pakan dan takarannya, sebab jika pakan anakan kenari tersebut tidak pas, justru dapat mengakibatkan anakan kenari tersebut mati. Untuk mempermudah dalam memberikan pakan anakan kenari tersebut, saya akan berikan tips 3 pakan anakan kenari yang baik.

Pakan anakan kenari agar cepat besar

1. Pakan anakan kenari campuran por fancy dan telur puyuh rebus

pakan kenariHaluskan por fancy dengan blender kering sampai halus, lalu campurkan dengan kuning telur puyuh yang sudah direbus, beri sedikit air dan aduk sampai rata. Masukkan pakan tersebut kedalam wadah dan berikan kepada indukan kenari yang sedang meloloh. Bisa juga dengan cara memberikannya langsung kepada anakan kenari dengan cara menggunakan spet. Pakan anakan kenari yang terdiri dari campuran por fancy dan kuning telur puyuh rebus ini terbukti dapat mempercepat pertumbuhan anakan kenari, sehingga dalam waktu singkat anakan kenari sudah tumbuh besar dan tumbuh bulu lebih cepat.

2. Pakan anakan kenari berupa sawi putih dan sawi hijau

sawi pakan kenariAnakan kenari yang sudah berumur 5 hari atau lebih sebaiknya diberi pakan tambahan berupa sayur-sayuran seperti sawi putih dan sawi hijau. Kandungan nutrisi dalam sayuran tersebut sangat baik untuk pertumbuhan burung kenari.

CATATAN

Dalam beberapa kasus, terkadang indukan kenari tidak mau meloloh anaknya dengan pakan tambahan tersebut. Solusinya, anda harus membantu meloloh anakan kenari tersebut dengan bantuan alat spet. Anakan kenari mulai dilakukan pelolohan pada saat berumur sekitar 5 hari, bila kurang dari 5 akan beresiko pada kematian, dan bila diatas 5 hari biasanya akan sulit untuk dispet.

Itulah ulasan mengenai pakan anakan kenari agar cepat besar yang dapat saya tuliskan, semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi para kenari mania khususnya dalam upata beternak kenari. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Juara Pakan Lolohan Anakan Kenari Agar Cepat Besar | Master Burung Petarung"

Post a Comment