Rahasia Juara Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh | Master Burung Petarung

-Rahasia Juara Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh | Master Burung Petarung Hobi burung berkicau memang menyenangkan, apalagi burung kesangan kita sudah mualin menampakkan suaranya tentutunya ini akan menajdi nilai kepusan tersebdiri buat kita. Dan memang pecinta burung itu tidaklah mudah disamping membutuhkan keuletan dan ketekunan . Kita juga harus dituntut sabar dalam menghadapi tiap fase burung itu sendiri. Fase burung diantaranya

  1. Fase Proses Mabung Pertama
  2. Fase Proses Birahi
  3. Fase Prose Penyakit
  4. Fase Turunya Mental Atau Stress
Dari ke-4 fase tersebut kita harus dituntut tlaten dan peka terhadap burung kita. Dan tidak hanya itu juga kita dituntut juga mengetahui jenis kelamin burung , dan ciri paruh burung yang dapat kita kembangkan atau kita latih.

Serta kita harus tahu juga model burung mana yang dapat dengan mudah kita berikan isan ,dan pemasteran. Sebab tiap burung itu berbeda -beda tergantu sifat dan keadaan lingkungan.

Dan tidak jarang orang yang memlihara burung banyak namun tidak juga nenampakkan suaranya. Atau istilah dalam peng hobi burung itu buka paroh. Nah itu pasti ada yang salah dalam Proses atau cara perawatanya. Yang jelas kita harus tahu mana burung yang model coloni dan mana burung yang model petarung. Sifat dan perlakuannya akan berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga:


Ciri-ciri kenari berjodoh - Dalam hal ternak kenari, proses penjodohan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, kenari sebelum diternak harus melalui tahap penjodohan terlebih dahulu, setelah itu barulah dilakukan proses perkawinan. Pada saat proses penjodohan, kita harus faham betul, apakah dua ekor kenari jantan dan betina tersebut berjodoh atau tidak. Jika kenari berjodoh, bisa langsung dilanjutkan pada proses perkawinan. Tapi jika tidak berjodoh, harus dilakukan penjodohan ulang atau diganti dengan indukan atau pejantan yang lainnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tanda-tanda kenari berjodoh, pada posting sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara menjodohkan kenari, disitu sudah saya ulas secara rinci tahapan-tahapan menjodohkan kenari secara detail step by step, sehingga akan memudahkan anda yang akan memulai usaha ternak kenari, khususnya untuk pemula dengan skala kecil. Adapun ulasannya dapat anda baca disini:
Cara menjodohkan kenari jantan dan betinaciri-ciri kenari berjodoh
Sebelum proses penjodohan tersebut, pastikan kenari sudah masuk dalam usia siap produksi dan sudah birahi. Usia kenari betina siap produksi adalah diatas 6 bulan, sedangkan usia kenari jantan siap produksi adalah diatas 8 bulan. Khusus untuk kenari berbadan besar (yorkshire) usia produksi harus diatas 10 bulan. Nah ketika dua ekor kenari siap produksi sudah ada, sekarang tinggal proses penjodohan dan melakukan pengamatan untuk mengetahui tanda kenari berjodoh atau tidak.

Ketidak tahuan tentang ciri-ciri kenari berjodoh atau tidak itulah yang terkadang membuat kegagalan pada peternak kenari pemula, sebab mereka tetap memaksakan kenari yang tidak berjodoh kedalam satu kandang ternak, lalu menunggu sampai berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, berharap kenari tersebut mau bertelur tanpa melakukan perawatan khusus bagi kenari yang belum berjodoh.
tanda-tanda kenari berjodoh

Ciri-ciri kenari berjodoh

  1. Ketika sudah disatukan dalam kandang ternak, kenari yang sudah berjodoh akan tampak mesra, tidak berantem, dan saling perhatian, dimana kenari jantan akan tampak menyuapi kenari betina, hal ini hampir mirip dengan burung lovebird yang berjodoh.
  2. Ketika kenari jantan berkicau dengan nyaring dan ngeroll, kenari betina akan tampak menundukkan/ membungkuk sambil mengangkat ekor. Perilaku tersebut menandakan bahwa kenari betina sudah birahi dan minta kawin.
  3. Kenari yang sudah berjodoh 100 persen akan tampak keduanya melakukan perkawinan, dimana kenari jantan berada diatas kenari betina. Jika sudah demikian, hampir dapat dipastikan bahwa kenari sudah berjodoh, dan tidak lama lagi kenari betina akan bertelur.
Bagaimana? ternyata mengetahui ciri-ciri kenari berjodoh sangat mudah kan? yang terpenting anda selalu memperhatikan dan memantau perilaku dari kedua ekor kenari yang sedang dijodohkan, sehingga anda dapat mengetahui apakah mereka berjodoh dan dapat disatukan dalam kandang ternak atau tidak. Sekian dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Juara Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh | Master Burung Petarung"

Post a Comment