Rahasia Juara Tips Dan Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi (OB) | Master Burung Petarung

-Rahasia Juara Tips Dan Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi (OB) | Master Burung Petarung Hobi burung berkicau memang menyenangkan, apalagi burung kesangan kita sudah mualin menampakkan suaranya tentutunya ini akan menajdi nilai kepusan tersebdiri buat kita. Dan memang pecinta burung itu tidaklah mudah disamping membutuhkan keuletan dan ketekunan . Kita juga harus dituntut sabar dalam menghadapi tiap fase burung itu sendiri. Fase burung diantaranya

  1. Fase Proses Mabung Pertama
  2. Fase Proses Birahi
  3. Fase Prose Penyakit
  4. Fase Turunya Mental Atau Stress
Dari ke-4 fase tersebut kita harus dituntut tlaten dan peka terhadap burung kita. Dan tidak hanya itu juga kita dituntut juga mengetahui jenis kelamin burung , dan ciri paruh burung yang dapat kita kembangkan atau kita latih.

Serta kita harus tahu juga model burung mana yang dapat dengan mudah kita berikan isan ,dan pemasteran. Sebab tiap burung itu berbeda -beda tergantu sifat dan keadaan lingkungan.

Dan tidak jarang orang yang memlihara burung banyak namun tidak juga nenampakkan suaranya. Atau istilah dalam peng hobi burung itu buka paroh. Nah itu pasti ada yang salah dalam Proses atau cara perawatanya. Yang jelas kita harus tahu mana burung yang model coloni dan mana burung yang model petarung. Sifat dan perlakuannya akan berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga:


Cara mengatasi lovebird over birahi - Burung lovebird termasuk salah satu burung yang mudah mengalami over birahi, Misalnya hanya karena terlalu berlebihan memberikan ekstra fooding, terlalu lama menjemur, atau lovebird melihat lawan jenis, tiba-tiba lovebird over birahi atau birahinya meningkat, sehingga menyebabkan burung menjadi jarang berkicau dan lebih banyak bertingkah aneh akibat over birahi.

Ada banyak cara dilakukan oleh para lovebird mania untuk menurunkan birahi lovebird, namun terkadang meskipun sudah menerapkan beberapa cara, tetapi birahi lovebird masih belum bisa turun atau normal. Memang sih, mengatasi lovebird over birahi tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh proses yang panjang dan kesabaran yang ekstra, selain itu juga dibutuhkan pemahaman tentang burung lovebird dan pemahaman karakter dari lovebird yang anda pelihara.

lovebird over birahi
Tips menurunkan birahi lovebird yang akan saya tuliskan ini sebenarnya cukup sederhana, tapi cukup ampuh hasilnya, syaratnya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, secara rutin, dan teratur seperti halnya minum obat. Karena lovebird over birahi juga dibutuhkan terapi pengobatan agar tidak berkepanjangan. Tapi sebelumnya anda juga harus mengenali ciri-ciri lovebird yang sedang over birahi, baik itu lovebird jantan ataupun betina.

Ciri-ciri lovebird over birahi

  1. Lovebird yang sudah mengalami over birahi yang terlalu parah biasanya akan mencabuti bulunya sendiri, sehingga menyebabkan kerontokan dan kerusakan pada bulu.
  2. Lovebird sering ngeruji sangkar
  3. Lovebird menjadi agresif dan tampak menabrak jeruji sangkar ketika melihat lovebird lain, terutama yang lawan jenis.
  4. Lovebird menjadi jarang bunyi, kalaupun bunyi ngekeknya menjadi lebih pendek-pendek
  5. Lovebird jantan akan tampak mengawini tangkringan, sedangkan untuk lovebird betina tampak seperti pesawat mengepakkan kedua sayapnya sebagai tanda minta dikawini.

Cara dan Tips mengatasi lovebird over birahi

Pada posting sebelumnya saya sudah menuliskan beberapa tips untuk menurunkan birahi lovebird, mulai dari pemberian pakan ataupun dari pola rawatan, misalnya seperti cara memandikan. Berikut beberapa cara menurunkan birahi lovebird yang dapat anda coba:
Manfaat daun kemangi untuk menurunkan birahi lovebirdManfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebirdCara mengatasi lovebird macet bunyi akibat over birahiSettingan untuk menstabilkan birahi lovebird saat lombaDari beberapa artikel tersebut diatas, saya rangkum menjadi satu kedalam posting ini, untuk lebih lengkapnya silahkan baca lebih lanjut.

1 Mengatasi lovebird over birahi dengan meningkatkan frekuensi mandi/ dimandikan sesering mungkin
menurunkan birahi lovebird dengan mandi
Cara ini sudah sering dilakukan oleh para lovebird mania, sebab salah satu cara untuk menurunkan birahi lovebird adalah dengan mandi. Jika biasanya dalam keadaan birahi stabil lovebird hanya dimandikan sekali sehari, maka pada saat over birahi bisa anda tingkatkan menjadi 2-3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari. Cara memandikannya pun harus benar-benar sampai basah kuyup, sebab dinginnya air dapat membantu menurunkan birahi lovebird. Saya sendiri bisa menghabiskan 1 sampai 4 botol untuk sekali memandikan lovebird, jadi benar-benar sampai lepek dan basah kuyup.

2. Mengatasi lovebird over birahi dengan memangkas pemberian ekstra fooding yang dapat menyebabkan over birahi

kangkung menyebabkan lovebird over birahi Pemberian ekstra fooding bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, tapi jika burung sedang dalam keadaan over birahi, sebaiknya anda menghentikan pemberian ekstra fooding tersebut dalam beberapa waktu sampai birahi kembali normal. Perlu anda ketahui juga bahwa ada beberapa ekstra fooding yang dapat memicu naiknya birahi lovebird, ekstra fooding tersebut adalah: Kangkung, Biji kwaci, dan Jagung muda.

3. Mengatasi lovebird over birahi dengan pemberian ekstra fooding yang dapat menurunkan birahi lovebird

daun kemangi untuk lovebird over birahiJika ada ekstra fooding yang dapat menaikkan birahi lovebird, tentu ada juga ekstra fooding yang dapat menurunkan birahi lovebird. Jadi pada saat lovebird over birahi sebaiknya anda berikan ekstra fooding seperti daun kemangi, mentimun, dan daun mengkudu secara bergantian sampai kondisi birahi lovebird kembali normal. Daun kemangi, mentimun, dan daun mengkudu tersebut dipercaya mampu menurunkan sekaligus menstabilkan birahi lovebird.

4. Mengatasi lovebird over birahi dengan kandang umbaran

kandang umbaran untuk lovebird over birahiKandang umbaran adalah kandang lovebird yang terbuat dari besi/ ram yang sengaja didesain khusus dengan ukuran lebih besar dari kandang biasa, tujuannya adalah agar lovebird dapat bergerak bebas terbang dan merambat kesana kemari. Lalu apa hubungannya dengan lovebird over birahi? Lovebird over birahi pada dasarnya adalah lovebird yang memiliki tenaga yang berlebihan yang tersimpan dalam tubuh yang tidak tersalurkan. Dengan kandang umbaran maka lovebird akan lebih banyak bergerak sehingga dapat membakar kalori dalam tubuh lovebird. Dengan penggunaan kandang umbara secara rutin dalam jangka beberapa hari, maka birahi lovebird akan kembali stabil, ditambah lagi nafas dan power lovebird akan menjadi bertambah karena olah raga fisik yang dilakukan dalam kandang umbaran tersebut.

5. Mengatasi lovebird over birahi dengan mengurangi durasi penjemuran

kurangi penjemuran lovebirdSeperti kita ketahui bersama bahwa sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik itu manusia, tumbuhan, ataupun binatang, termasuk salah satunya adalah burung lovebird. Namun meskipun demikian pancaran sinar matahari yang terlalu berlebihan justru kurang baik untuk lovebird lomba, karena dapat mengakibatkan naiknya birahi lovebird secara drastis. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan durasi/ lama penjemuran disesuaikan dengan karakter masing-masing lovebird, sebab ada lovebird yang sukanya dijemur agak lama dan ada lovebird yang cukup dijemur sebentar atau bahkan tidak mau dijemur sama sekali.

Selain itu proses penjemuran yang baik adalah dilakukan dipagi hari saat matahari baru mulai terbit sampai maksimal jam 10.00. Usahakan untuk tidak menjemur lovebird diatas jam 10 pagi, karena selain meningkatkan birahi juga dapat merusak bulu-bulu burung. Khusus untuk lovebird yang over birahi sebaiknya cukup dijemur sebentar saja dipagi hari. Kalau biasanya dijemur sekitar 30 menit setiap pagi, kurangi durasi penjemuran menjadi 15 menit saja. Jika ternyata hanya dijemur 15 menit saja birahinya masih tetap tinggi, kurangi lagi menjadi 10 atau 5 menit saja, sampai birahi lovebird normal kembali.

6. Mengatasi lovebird over birahi dengan vitamin penurun birahi

obat menurunkan birahi lovebirdSelain dengan beberapa metode diatas, untuk menurunkan birahi lovebird, anda juga dapat menambahkan suplemen penurun birahi yang dapat anda beli di kios penjualan vitamin burung. Obat penurun birahi yang paling sering digunakan oleh lovebird mania adalah NOB (Natural Over Birahi). Jujur blog ini tidak ada sangkut pautnya dengan produsen obat burung tersebut, kami mengiklankan dan kamipun tidak mendapatkan royalty seperserpun dari produsen NOB, tapi menurut pengakuan dari para pemain lovebird, vitamin tersebut cukup manjur untuk menurunkan birahi lovebird. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang NOB, silahkan anda browsing di internet.

7. Menurunkan birahi lovebird dengan mandi malam

mandi malam untuk menurunkan birahi lovebirdCara yang cukup nyeleneh tapi sekarang sudah cukup populer dikalangan pecinta burung adalah terapi mandi malam ini. Terapi mandi malam ini diyakini selain mampu menurunkan dan menstabilkan birahi lovebird juga membuat lovebird menjadi rajin berkicau dan anteng alias nagen saat dilombakan. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang terapi mandi malam silahkan anda baca disini: Cara terapi mandi malam lovebird untuk menstabilkan birahi

8. Mengatasi lovebird over birahi dengan mengawinkannya

mengawinkan lovebird over birahiCara paling pamungkas jika dari beberapa cara diatas ternyata belum berhasil untuk menurunkan birahi lovebird adalah dengan mengawinkan lovebird tersebut dengan lawan jenisnya. Jika lovebird yang over birahi jantan, tentu harus dikawinkan dengan lovebird betina, sebaliknya jika lovebird betina harus dikawinkan dengan lovebird jantan. Selain bisa menurunkan birahi, jika anda sudah bosan menggantang atau sudah punya gacuk lain, lovebird tersebut lebih baik diternak saja dan beranak pinak menjadi banyak. hehehe..

Demikianlah sedikit ulasan cara mengatasi lovebird over birahi dengan menggunakan beberapa point cara diatas yang dapat terapkan satu persatu atau bersamaan. Jika cara diatas anda lakukan dengan benar dan rutin, saya yakin dalam waktu singkat birahi lovebird anda akan stabil kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Juara Tips Dan Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi (OB) | Master Burung Petarung"

Post a Comment