Rahasia Juara Ciri-Ciri Lovebird Siap Gantang/ Dilombakan | Master Burung Petarung

-Rahasia Juara Ciri-Ciri Lovebird Siap Gantang/ Dilombakan | Master Burung Petarung Hobi burung berkicau memang menyenangkan, apalagi burung kesangan kita sudah mualin menampakkan suaranya tentutunya ini akan menajdi nilai kepusan tersebdiri buat kita. Dan memang pecinta burung itu tidaklah mudah disamping membutuhkan keuletan dan ketekunan . Kita juga harus dituntut sabar dalam menghadapi tiap fase burung itu sendiri. Fase burung diantaranya

  1. Fase Proses Mabung Pertama
  2. Fase Proses Birahi
  3. Fase Prose Penyakit
  4. Fase Turunya Mental Atau Stress
Dari ke-4 fase tersebut kita harus dituntut tlaten dan peka terhadap burung kita. Dan tidak hanya itu juga kita dituntut juga mengetahui jenis kelamin burung , dan ciri paruh burung yang dapat kita kembangkan atau kita latih.

Serta kita harus tahu juga model burung mana yang dapat dengan mudah kita berikan isan ,dan pemasteran. Sebab tiap burung itu berbeda -beda tergantu sifat dan keadaan lingkungan.

Dan tidak jarang orang yang memlihara burung banyak namun tidak juga nenampakkan suaranya. Atau istilah dalam peng hobi burung itu buka paroh. Nah itu pasti ada yang salah dalam Proses atau cara perawatanya. Yang jelas kita harus tahu mana burung yang model coloni dan mana burung yang model petarung. Sifat dan perlakuannya akan berbeda satu sama lainnya.

Baca Juga:


Ciri-ciri lovebird siap lomba - Jika anda seorang lovebird mania atau pemain lovebird yang sudah cukup lama malang melintang didunia perlombaan burung paruh bengkok ini, tentu anda sudah sangat hafal dan paham betul bagaimana ciri-ciri lovebird siap gantang, dan sudah hafal setelan lovebird, baik itu setelan harian maupun setelan menjelang lomba. Sebab perawatan lovebird lomba tidak hanya sekedar mengetahui settingan burung sebelum naik gantangan, tapi juga harus menerapkan settingan harian yang tepat, sehingga lovebird dapat tampil maksimal saat dilombakan.

ciri-ciri lovebird siap lombaTapi bagi mereka pemain baru didunia lovebird, dan baru sesekali mengikuti lomba lovebird baik itu dikelas latber (latihan bersama) atau kelas latpres (latihan prestasi). Sebelum memutuskan untuk naik gantangan, ada baiknya anda mengecek dahulu kesiapan burung lovebird yang akan anda lombakan. Apakah lovebird tersebut sudah benar-benar siap (onfire) atau belum, sebab jika lovebird yang anda lombakan belum dalam kondisi onfire, bisa-bisa anda hanya sekedar kondangan saja, karena lovebird tidak mau bekerja. Itulah sebabnya anda harus tahu bagaimana tanda lovebird siap lomba.

Pada posting kali ini saya akan membagikan apa saja ciri-ciri lovebird siap dilombakan/ gantang. Ciri-ciri tersebut saya rangkum dari berbagai macam informasi baik melalui media online maupun melalui pengakuan dan pengalaman para lovebird mania yang sudah cukup lama malang melintang didunia lomba lovebird.

tanda lovebird siap lomba

Ciri-ciri dan tanda lovebird siap lomba/ gantang

1. Berdasarkan usia

Lovebird yang sudah siap untuk dilombakan idealnya yang sudah berusia 6 bulan keatas, lebih bagus lagi jika sudah berusia 1 tahunan. Meskipun demikian akhir-akhir ini banyak sekali lovebird yang baru berusia 3 bulan sudah mulai dilombakan dalam kelas paud/ balibu (bawah lima bulan). Tapi lomba kelas balibu tersebut belum masuk kategori lomba lovebird yang sebenarnya, hanya sekedar untuk mengetes dan melihat seberapa kemampuan dan seberapa fighter lovebird paud tersebut.
BACA JUGA: Cara membedakan lovebird paud dan lovebird dewasa
2. Berdasarkan kondisi birahi

Lovebird yang siap lomba harus memiliki birahi yang stabil, artinya tidak sedang dalam keadaan over birahi atau kurang birahi. Sebeb birahi lovebird tersebut sangat menentukan performa lovebird saat lomba. Lovebird yang sedang dalam keadaan over birahi cebderung lebih jarang ngekek, tapi malah sering merambat/ ngeruji sangkar. Selain itu lovebird over birahi juga cenderung akan mengejar lovebird yang lainnya, terutama lovebird yang berlawanan jenis. Sedangkan untuk lovebird yang kurang birahi lebih parah lagi, cenderung tidak mau ngekek dan tidak memiliki mental yang fighter. Itulah sebebnya sebelum memutuskan untuk mengikuti lomba, kita harus bisa menyetel birahi lovebird terlebih dahulu, baik itu melalui perawatan dan pola mandi ataupun melalui pemberian pakan ekstra fooding, sehingga birahi lovebird akan tetap stabil.

3. Berdasarkan kondisi kesehatan burung

Lovebird yang dilombakan harus benar-benar dalam keadaan sehat (prima), sangat tidak disarankan melombakan lovebird yang sedang sakit atau sedang dalam kondisi mabung. Sebab lovebird yang sakit dan sedang mabung tentu tidak akan mau bekerja, selain itu kasihan juga kan, mosok burung sakit nekat dipaksa ikut lomba.

4. Lovebird rajin ngekek

Salah satu tanda lovebird siap lomba adalah lovebird sudah rajin ngekek, entah itu ngekek panjang ataupun pendek-pendek, yang pasti setiap hari rajin ngekek baik itu pagi, siang, ataupun sore hari. Ngekeknya lovebird yang sudah siap lomba biasanya nagen atau berdiri ditangkringan, tidak ngekek sambil merambat di jeruji sangkar. Jika lovebird masih suka ngekek di jeruji sangkar, bisa dikatakan belum siap lomba, sebab kemungkinan birahi lovebird belum pada kondisi yang stabil/ pas.

5. Sayap lovebird menyilang

Lovebird yang siap lomba juga dapat ditandai dengan gestur tubuh, diantara lain adalah tampak dari kedua sayap yang saling menyilang, badan tegap, dan ekor menjulur kebawah. Ciri seperti ini biasanya juga menandakan bahwa lovebird tersebut memiliki karakter yang fighter.

6. Lovebird latah/ responsif

Lovebird yang latah akan mudah terpancing dengan suara ngekek lovebird lain, atau mudah terpancing dengan suara masteran hp, tepukan tangan, suara mainan pet-petan, siulan, atau suara-suara lingkungan sekitar. Jadi jika lovebird anda sudah memiliki karakter latah tersebut, kemungkinan besar lovebird sudah siap untuk dilombakan dan kemungkinan besar pula lovebird akan sering narik dan moncer digantangan.

Itulah sedikit ulasan tentang ciri-ciri dan tanda-tanda lovebird siap lomba/ siap gantang, dengan mengetahui ciri-ciri tersebut diatas, mudah-mudahan anda tidak lagi hanya sekedar kondangan (bayar tanpa hasil) saat lovebird naik gantangan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Juara Ciri-Ciri Lovebird Siap Gantang/ Dilombakan | Master Burung Petarung"

Post a Comment